Sabtu, 06 Desember 2014

[Book Review] Vampire Academy

Vampire Academy (Vampire Academy #1)
Penulis: Richelle Mead
Penerjemah: Harisa Permatasari
Penerbit: Matahati
Tebal: 416 halaman
Cetakan I, April 2010

SELAMAT DATANG DI AKADEMI ST. VLADIMIR

Di balik gerbang kokoh Akademi St. Vladimir terdapat rahasia besar. Akademi tersebut bukan sekolah berasrama biasa. Di tempat itu para vampir Moroi dididik dengan ilmu sihir, sementara para dhampir ─makhluk setengah vampir setengah manusia─ dilatih untuk melindungi mereka.

Rose Hathaway adalah dhampir yang bertugas melindungi sahabat karibnya, Lissa, seorang putri vampir dari kaum Moroi. Selama dua tahun mereka melarikan diri. Namun akhirnya mereka tertangkap lalu diseret kembali ke Akademi Vampir tersebut ─yang sebenarnya merupakan tempat paling berbahaya…




  • Dhampir: Setengah moroi dan setengah manusia. Pengawal kaum Moroi, mereka harus bertarung untuk melindungi kaum moroi.
  • Moroi: Vampir fana. Mereka ga tahan kena matahari dan masing-masing moroi mempunyai salah satu elemen dari 5 elemen, yaitu api, tanah, air, angin, dan roh. Elemen roh itu jarang ada yang punya.
  • Strigoi: Vampir abadi. Mereka tercipta ketika moroi mengisap darah dhampir/manusia sampai terbunuh. Strigoi ini tergolong paling bahaya
Nah, yang aku sebutkan diatas itu adalah jenis-jenis vampire yang ada di novel ini.
Rose itu dhampir dan Lissa moroi. Lissa adalah seorang Dragomir yang tersisa atau terakhir karena seluruh keluarganya meninggal dalam kecelakaan. Lissa selamat dari kecelakaan tersebut karena meminum darah Rose. Semenjak itu, Rose dan Lissa punya ikatan batin artinya Rose bisa melihat apa yang dilihat, dialami Lissa. Kesimpulannya Rose shadow-kissed.

Lagi-lagi Lissa mimpi buruk, Rose tau nah, Lissa terlihat pucat karena dia belum minum darah. Sehingga Rose menawarkan untuk meminum darahnya. Ketika Rose melihat keluar jendela, ada orang yang mencurigakan, Rose menyuruh Lissa untuk pergi dari situ. Upayanya gagal, karena Rose belum terlalu menguasai gaya bertarungnya. Ternyata mereka dibawa ke Vampire Academy.


Sesampai disana, Rose dihukum karena telah membawa Lissa keluar akademi. Hukumannya Rose harus menjalani pelajaran bertarung tambahan dengan Dimitri Belikov. Sebelumnya Rose mau dikeluarkan tapi Dimitri bilang kalau Rose sama Lissa punya ikatan batin. Hal itu membuat Kirova (kepala sekolah) dan Victor (pamannya Lissa tapi bukan kandung) kaget. Hal itu langka. 

Banyak gosip-gosip yang beredar di akademi. Apalagi tentang Rose itu 'pelacur darah'. Gosip tersebut membuat Lissa marah. Ga cuma itu, masih ada lagi :)

Ini novel tentang vampir yang pertama kali aku baca. Aku udah nonton filmnya duluan karena waktu itu belom tau kalo novel ini udah diterjemahkan. Filmnya juga agak memuaskan banyak yang dipotong juga ya, namanya juga film hehe. Ending filmnya gantung banget, nah aku memutuskan untuk mencari novel ini yang katanya udah 6 judul dari seri ini. Tapi baru diterjemahkan 4 judul dan penerbitnya tutup. Sayang banget, ya. Nah, untungnya aku nemu novel ini pas ada yang jual buku lama dan murah di Summarecon Mall Serpong. Beruntung banget novel pertamanya tinggal satu, langsung aku borong bersamaan novel kedua dan ketiganya. Sayangnya gaada novel keempat :(

Aku tau novel ini udah langka tapi apaboleh buat aku review juga. Sapa tau ada yang bakal baca versi englishnya, hehe. Kok english version? Gapapa dong, worth it kok! Memang cerita anak muda banget tapi bagus, kok! Diselingi misteri-misteri, aksi, romance. Lengkap! Udah demen ceritanya dari pertama kali baca. Aku suka karakternya Rose. Satu-satunya bad-ass heroine favorite aku!

Novel ini diceritakan dari sudut pandangnya Rose dengan sudut pandang pertama. Aku suka banget pikiran-pikiran, perasaannya Rose. Dengan alur maju mundur disertai flashback gamembuat aku bingung ketika baca novel ini, pemaparannya cukup jelas. Memang jenis-jenis vampire gadijelaskan secara langsung, tapi penulis menjelaskannya dengan masalah. Contohnya, strigoi menyerang akademi. Maka, penulis akan menjelaskan tingkah laku strigoi tersebut, Itu yang membuatku suka.


Novel ini sudah difilmkan. Rilis Februari 2014 kemarin. Dengan cast Zoey Deutch, Lucy Fry, Olga Kurylenko, Cameron Monaghan, Gabriel Byrne. dll. Seperti yang udah aku bilang tadi, filmnya kurang memuaskan. Tapi novelnya bagus!! 

Rating:
5/5

1 komentar:

  1. Hi, sorry for bothering you. I'm Itzel, a literary agent. I'd like to discuss with Penterbit Matahati about the translation titles they had licensed, but cannot get in touch. Can you tell me if the publisher is still active or went out of business? Thank you! Terima kasih!

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...